PNS atau Pegawai Negeri Sipil adalah salah satu profesi yang sangat diidam-idamkan masyarakat Indonesia, karena itulah banyak yang ingin sukses ujian CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan formasi dalam pemerintahan pusat maupun daerah. Persaingannya pun cukup ketat, dari ribuan orang yang mendaftar bisa saja hanya puluhan yang diterima atau bahkan kurang.

Baca juga: Apa sih PNS itu? Berikut Pengertian PNS atau Pegawai Negeri Sipil

Ketatnya persaingan tidak menurunkan minat masyarakat Indonesia untuk mengikuti seleksi penerimaan CPNS. Kalau kamu membaca post ini berarti kamu adalah salah satu masyarakat Indonesia yang tertarik untuk mengikuti ujian seleksi CPNS. Tentu saja untuk dapat sukses dalam seleksi CPNS tidaklah mudah, diperlukan usaha lebih, mengingat banyaknya jumlah saingan dan seleksinya dari tahun ke tahun pasti makin susah.

Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari untuk sukses ujian cpns sebelum dilaksanakannya seleksi. Disini bliAri.net akan memberikan beberapa Tips agar kamu dapat sukses dalam seleksi CPNS yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Sukses Ujian CPNS:

1. Persiapkan dokumen kelengkapan administrasi

Sukses ujian CPNS

Lulus seleksi Administrasi adalah tujuan utama agar dapat mengikuti seleksi selanjutnya. Untuk itu kamu perlu memperhatikan apa saja dokumen atau surat-surat yang diperlukan untuk mendaftar agar dapat lolos dalam seleksi Administrasi. Beberapa dokumen memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengurusnya, maka pastikan semua dokumen atau surat-surat yang diperlukan untuk kelengkapan administrasi sudah kamu penuhi dari jauh-jauh hari.

Dikutip dari instastory @kemenpanrb dokumen tersebut antara lain:

  • Scan KTP asli,
  • Foto,
  • Swafoto atau Foto Selfie,
  • Ijazah,
  • Transkrip nilai asli
  • dan beberapa dokumen pendukung lain yang disyaratkan oleh instansi yang dipilih

2. Pahami sistem CAT (Computer Assisted Test)

sistem CAT (Computer Assisted Test)

Dijaman yang sudah milenial ini hampir semua kegiatan menggunakan Komputer. Sistem seleksi CPNS jaman sekarang juga sudah berbeda jauh dari sistem seleksi jaman dulu. Demi mendapatkan bibit bibit pemimpin yang unggul, pemerintah berbenah diri, salah satunya adalah penerapan sistem CAT dalam seleksi CPNS.

Penerapan Computer Assisted Test ini dianggap dapat membuat seleksi CPNS lebih efektif dan efisien karena sudah menggunakan teknologi komputer. Sehingga, tidak perlu lagi memeriksa lembar jawaban peserta satu persatu karena semuanya sudah dikontrol oleh server. Karena sudah menggunakan sistem komputer yang terhubung ke server, peserta seleksi hanya perlu menggunakan mouse untuk memilih jawaban pilihan ganda yang benar.

Dengan sistem CAT, peserta seleksi akan mendapatkan soal secara acak yang sudah diatur oleh program di komputer masing masing. Dengan begitu soal antara komputer satu dengan komputer yang lain tidak akan sama. Hal ini dapat meminimalisir penggunaan budaya kita bahasa kerennya yaitu “menyontek“. Karena data sudah disimpan di server maka ketika peserta sudah selesai mengerjakan soal, hasilnya juga akan langsung keluar, tidak perlu menunggu dikoreksi lagi.

3. Bijaklah dalam memilih Instansi

5 Tips Sukses Ujian CPNS: Persyaratan Hingga Sistematika Soal

Cara sukses ujian CPNS selanjutnya kalian harus bijak dalam memilih formasi dalam tiap tiap instansi. Hampir 200.000 lowongan CPNS dibuka tiap tahunnya. Jumlah ini terbagi dalam berbagai formasi instansi Pusat maupun Daerah. Hal ini perlu diperhatikan agar peluang sukses ujian CPNS dapat meningkat. Bijaklah dalam memilih instansi, jangan memilih hanya karena gengsi. Pilihlah instansi yang kiranya memiliki tingkat persaingan rendah. Pilihlah juga instansi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kamu sebelumnya.

Walaupun sama sama melalui seleksi CPNS, komposisi soal matematika di Kementrian Keungan tentu berbeda dengan soal yang muncul di Kementrian pertanian. Oleh karena itu, pilihlah instansi yang setidaknya mirip dengan latar pendidikan atau jurusan kamu di jenjang pendidikan sebelumnya, agar kemungkinan untuk sukses ujian CPNS yang kamu miliki dapat lebih besar.

4. Perbanyak belajar dan latihan soal simulasi CPNS

belajar

Semua usaha kamu akan sia-sia saja kalau kamu malas belajar, walaupun niat yang kamu miliki tinggi tapi malas belajar semuanya sama dengan nol. Tekad dan niat yang tinggi harus dibarengi dengan ilmu yang diperoleh dari belajar. Ada pepatah “Biasa karena terbiasa“, Ketika kamu sudah terbiasa melakukan latihan soal, maka entah bagaimanapun bentuk soal yang kamu peroleh, tidak akan terasa sulit, ya itu akan terasa biasa saja karena kamu sudah terbiasa melakukan latihan soal. Sebab itu latihan soal disini sangatlah penting.

Baca juga: GRATIS!!! Download Ebook CPNS Super Lengkap Dengan Contoh Soal

Diluar sana banyak situs situs atau lembaga yang menyediakan simulasi seleksi CPNS dengan menggunakan sistem CAT online, ada juga yang menyediakan kursus online, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Persiapkan paling tidak waktu 1-2 bulan penuh untuk berlatih berbagai macam soal. Mengingat tikat kesulitan soal yang kian meningkat setiap tahunnya maka diperlukan waktu latihan soal yang cukup panjang dan konsisten.

5. Kenali sistematika soal

Soal seleksi CPNS terdiri dari TKD (Tes Kemampuan Dasar) dan TKB (Tes Kompetensi Bidang). TKD dibagi tiga lagi menjadi TIU (Tes Intelegensi Umum), TWK (Tes Wawasan Kewarganegaraan), dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Sedangkan untuk soal TKB menjadi tanggung jawab instansi masing masing. Model dan materi ujiannya pun berbeda beda menyesuaikan dengan formasi kebutuhan CPNS. Jumlah seluruh soal ada 100 soal dengan durasi waktu pengerjaan yang diberikan yaitu 90 menit.

Perlu diperhatikan, pastikan kamu mengerjakan semua soal agar mendapat nilai maksimal, karena tidak ada sistem pengurangan nilai dan kerjakan soal yang menurutmu mudah terlebih dahulu. Manfaatkan waktu sebaik mungkin koreksi kembali jawaban kamu sebelum waktu yang diberikan habis

TKP (Tes Karakteristik Pribadi)

Di tes ini kamu boleh memilih jawaban mana yang menurutmu paling tepat. Skala nilainya adalah 1-5, tidak ada nilai 0. Jawaban kamu akan mencerminkan siapa dirimu sebenarnya. Oleh karena itu kejujuran sangat diharapkan dalam mengerjakan tes. Untuk jenis jenis soalnya silahkan kamu membaca buku latihan soal CPNS atau Tryout. Disinilah pentingnya BELAJAR!!!

Baca juga: Rahasia Sukses SKD CPNS Lengkap Dengan Kisi-Kisi Materi

TIU (Tes Intelegensi Umum)

Tes ini berisi berbagai macam materi untuk mengetes kemampuan verbal, lisan, dan numerik dari peserta. Biasanya, ujiannya seputar deret hitung, sinonim, akronim, logika matematika dan sejenisnya. Nilainya 0 jika salah dan 5 jika benar. Lagi lagi, disini pentingnya BELAJAR!!! soal soal seperti akan terasa mudah jika kamu sudah terbiasa berlatih dan mengerjakannya.

TWK (Tes Wawasan Kewarganegaraan)

TWK berisi tentang nilai nilai kebangsaan, Pancasila, UUD, hingga sejarah bangsa Indonesia. Tes ini tidak boleh dianggap remeh walaupun terkesan mudah. Kamu dituntut untuk paham betul bagaimana nilai nilai kewarganegaraan, serta penerapannya sehari hari. Nilainya 0 jika salah dan 5 jika benar. Dan lagi saya tekankan untuk BELAJAR!!! perbanyak baca buku buku sejarah dan pendidikan kewarganegaraan yang waktu SD kamu coret coret, atau bahkan kalau bisa hapal itu isi UUD 1945, lebih bagus lagi.

Akhir Kata

Cek secara berkala portal SSCASN di situs resminya, untuk mendapatkan update info info terbaru. Sukses tidaknya seseorang itu kembali lagi ke diri masing masing. Kalau ada kemauan, tekad, niat, dan usaha yang berbanding lurus, atas kehendak tuhan kamu pasti akan sukses. Kalau belum sukses juga, mungkin kamu perlu mencoba sesuatu yang baru.

“Jangan malu ketika dirimu gagal, malulah ketika dirimu berhenti untuk mencoba”

– bliAri.net

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Tolong masukkan komentar sobat!
Masukkan nama sobat disini