Pada November 2019 lalu, pendaftaran CPNS secara serentak dibuka untuk umum. Bagi sobat yang sudah berhasil mendaftar ada banyak cara agar sobat dapat sukses SKD CPNS. Salah satunya dengan mengetahui apa saja materi yang akan diujikan.

Baca juga: Apa sih PNS itu? Berikut Pengertian PNS atau Pegawai Negeri Sipil

Sambil menunggu waktu dilaksanakannya tes. Sobat bisa menyicil untuk mempersiapkan diri sebelum mengikuti SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). SKD adalah salah satu SKD jika sesuai jadwal akan dilaksanakan pada akhir bulan Januari 2020.

Pada seleksi CPNS sebelumnya, banyak sekali peserta tes SKD yang tidak memenuhi standar passing grade. Oleh karena itu, untuk dapat sukses SKD CPNS ini sangat disarankan untuk memperbanyak latihan soal CPNS.

Disini bliAri.net akan mencoba untuk merangkum apa saja kisi kisi dan tips jitu yang dapat sobat lakukan agar dapat sukses dalam melaksanakan ujian SKD CPNS 2019-2020 yang kiranya akan dimulai dari tanggal 27 Januari 2020 sampai 28 Februari 2020.

Kisi-Kisi Materi Soal SKD CPNS

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Rahasia Sukses SKD CPNS Lengkap Dengan Kisi-Kisi Materi
Gambaran kisi-kisi materi CPNS soal TWK

Soal CAT CPNS Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) adalah salah satu bagian dari materi SKD CPNS yang akan diujikan untuk para peserta seleksi cpns.

Tes ini bertujuan untuk menilai peserta CPNS tentang penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia.

Untuk dapat sukses SKD CPNS dibagian ini sobat harus memahami soal-soal yang meliputi:

  • Pancasila
  • Undang Undang Dasar 1945
  • Bhinneka Tunggal Ika
  • Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
  • Sistem tata negara Indonesia
  • Pemerintah pusat dan pemerintah daerah
  • Sejarah perjuangan bangsa
  • Peranan bangsa indonesia
  • Kemampuan berbahasa indonesia

Oleh karena itu, pada bagian ini sobat harus paham betul tentang nilai nilai kebangsaan, Pancasila, UUD, hingga sejarah bangsa Indonesia.

2. Tes Intelejensi Umum (TIU)

Rahasia Sukses SKD CPNS Lengkap Dengan Kisi-Kisi Materi
Gambaran kisi-kisi materi CPNS soal TIU

Soal CAT CPNS Tes Intelejensi Umum (TIU) adalah tes yang maksudkan untuk mengukur tingkat intelegensi para peserta ujian cpns dalam analisa numerik, verbal serta berpikir logis dan analitis. Untuk dapat sukses SKD CPNS dibagian ini sobat harus memahami soal-soal yang terdiri dari:

Soal CPNS Analisa Verbal:

  • Tes Sinonim (persamaan kata)
  • Tes Antonim (lawan kata)
  • Tes Padanan hubungan kata
  • Tes Pengelompokan kata

Soal CPNS Analisa Numerik:

  • Tes aritmatika (hitungan)
  • Tes Seri angka
  • Tes Seri huruf
  • Tes Logika Angka
  • Tes Angka dalam cerita

Soal CPNS Berpikir Logis dan Analitis:

  • Tes Logika Umum
  • Tes Analisa Pernyataan
  • Tes Kesimpulan Silogisme
  • Tes logika Cerita

Pada tes CPNS bagian ini, efisienkan waktu sobat pada soal hapalan. Agar dapat waktu yang lebih banyak untuk bagian hitungan dan analisa.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Rahasia Sukses SKD CPNS Lengkap Dengan Kisi-Kisi Materi
Gambaran kisi-kisi materi CPNS soal TKP

Soal CAT CPNS Tes Karakteristek Pribadi (TKP) merupakan sebuah tes psikologi yang meneliti jenis dan karakter kepribadian para peserta cpns dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi.

Pada soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), yang pada penerimaan CPNS 2019-2020 ini, TKP akan mengadopsi bentuk soal HOTS. Bentuk soal HOTS itu sendiri sebenarnya telah digunakan pada soal Ujian Nasional dan soal-soal penerimaan mahasiswa baru. Bentuk soal HOTS sering juga disebut dengan bentuk soal High Order Thingking Skills (HOTS).

Jadi disini dalam menjawab soal TKP HOTS ini, pemerintah berharap dapat menyaring peserta CPNS yang memiliki tingkat pemikiran yang lebih tinggi dan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan dengan baik.

Untuk dapat sukses SKD CPNS dibagian ini sobat harus memahami materi soal TKP yang meliputi:

  • integritas diri
  • semangat berprestasi
  • orientasi pada pelayanan
  • kemampuan beradaptasi
  • kemampuan mengendalikan diri
  • kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
  • kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
  • kemampuan bekerja sama dalam kelompok
  • kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain
  • orientasi kepada orang lain
  • kreativitas dan inovasi

Dalam SKD CPNS bagian ini termasuk bagian yang paling mudah, oleh karena itu sebaiknya mengerjakan bagian ini terlebih dahulu. Karena soal ini sekedar bertanya tentang tanggapan sobat, seperti halnya tes psikologi, jadi jawabannya tidak bergantung pada aturan atau sebuah teori.


Setelah sobat mengetahui apa saja kisi-kisi materi SKD yang akan diujikan, masih ada beberapa hal yang perlu sobat lakukan, agar dapat sukses SKD CPNS tahun 2019-2020 ini.

Baca juga: 5 Tips Sukses Ujian CPNS: Persyaratan Hingga Sistematika Soal

Simak beberapa tipsnya berikut ini:

Tips Jitu Agar Dapat Sukses SKD CPNS

1. Banyak berlatih soal CAT SKD

Hal ini selain untuk mengenali sistem ujian seleksi yang ditentukan oleh pemerintah, juga untuk membiasakan diri sobat pada soal-soal tes SKD yang akan diujikan nanti. Apalagi untuk sobat yang baru pertama kali mengikuti seleksi penerimaan CPNS ini, dan belum mengenal seperti apa tes CAT BKN CPNS tersebut.

Baca juga: GRATIS!!! Download Ebook CPNS Super Lengkap Dengan Contoh Soal

Percayalah bahwa “hasil tidak akan mengkhianati usaha“, artinya semakin sering sobat berusaha dan mengikuti simulasi CAT CPNS, maka hasil yang akan sobat dapatkan pada ujian SKD nanti pun akan semakin baik dan harapan sobat untuk sukses SKD CPNS pun akan terwujud

Ada banyak situs yang menawarkan simulasi CAT CPNS secara gratis, dan ada banyak contoh soal CPNS yang akan sobat temukan di internet. Sobat juga bisa membeli buku bank soal CPNS yang banyak sekali tersedia di toko-toko buku. Atau jika sobat tidak mau mengeluarkan uang untuk materi contoh soal CPNS, sobat bisa mendownload file pdf nya, yakni ebook bank soal cpns, yang banyak sekali tersedia di internet.

Belajarlah secara rutin, dan pastikan sobat memahami bentuk-bentuk soal yang keluar dalam setiap tes penerimaan cpns.

2. Berhenti belajar sehari sebelum hari ujian

Misalnya jadwal ujian sobat hari Senin, maka usahakan pada hari Sabtu dan Minggu sebelumnya tutup semua buku pelajaran sobat. Nikmati akhir Minggu sobat dengan tenang. Lakukan apa saja yang menurut sobat menyenangkan.

Ini sangat penting agar badan dan pikiran sobat bugar untuk sukses SKD CPNS. Ingat, tes CAT memerlukan konsentrasi penuh, fokus dan stamina yang prima.

Jangan sampai sobat lelah dan tidak konsentrasi sehingga fokus pun buyar pada saat berlangsungnya tes karena terlalu capek belajar. Persiapkan data dan semua peralatan tes, kartu ujian, KTP, atau apa saja yang harus dibawa ketika ujian.

3. Istirahat yang cukup sebelum tes SKD CPNS dilaksanakan

Dalam pelaksanaan tes CAT SKD CPNS, jika sobat ingin sukses SKD CPNS, sobat diharuskan untuk menjawab puluhan bahkan ratusan soal TKP, TWK dan TIU, dalam waktu yang sangat terbatas. Selama kurun waktu yang terbatas tersebut, sobat tidak akan berhenti berkonsentrasi, memfokuskan diri sehingga setiap jaringan yang ada dalam otak sobat yang kecil itu akan terus bekerja untuk berpikir.

Itu semua memerlukan energi yang besar, sehingga sobat harus tetap menjaga kondisi tubuh sobat dalam keadaan fit. Untuk itu, demi menjaga kondisi tubuh, maka sobat wajib beristirahat selama beberapa hari sebelum tes CAT SKD CPNS dilaksanakan.

Usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup agar tubuh sobat lebih kuat menghadapi risiko terserang penyakit. Bila perlu, konsumsi suplemen atau vitamin agar kondisi sobat senantiasa prima sampai Tes CAT SKD CPNS selesai dilaksanakan.

Dengan begitu, nilai tes CAT SKD CPNS yang didapatkan akan menjadi lebih maksimal.

4. Survei lokasi tes CPNS

Jika sobat belum begitu hapal lokasi tes, akan lebih baik bila sobat survei lokasi tes beberapa hari sebelum tes. Ketika tanggal dan lokasi tempat tes SKD sudah secara resmi diumumkan oleh instansi yang sobat lamar, jangan lupa luangkan waktu untuk survei atau hanya sekedar mengecek lokasi tesnya.

Tips sukses SKD CPNS ini cukup penting, tapi sering kali disepelekan. Padahal dengan survei lokasi, sobat dapat memperkirakan waktu tempuh, rute, serta transportasi yang bisa digunakan untuk sampai ke lokasi ujian. Dengan begitu, sobat tidak perlu takut akan terlambat datang.

5. Datang lebih awal

Biasakan untuk berpikir “lebih baik datang lebih awal atau terlambat“. Usahakan untuk selalu menggunakan prinsip ini, kelak hasilnya akan sobat rasakan yaitu sukses SKD CPNS.

Sobat lebih baik datang lebih awal dari waktu yang ditentukan. Hal ini bertujuan untuk menghindari faktor lain yang tidak diinginkan seperti, terkena macet, ban bocor, atau hal-hal lain yang berdampak sobat perlu waktu ekstra dari seharusnya.

Sobat bisa mencoba untuk datang satu-dua jam lebih awal. Bila sobat terlambat untuk datang ke lokasi tes SKD, tentu waktu yang sobat miliki untuk mengerjakan soal akan berkurang.

Setelah masuk ruangan, akan dilakukan verifikasi data, latihan pre-test CAT, dan penyampaian petunjuk teknis ujian terlebih dahulu. Ikuti dengan baik petunjuk teknis yang disampaikan pengawas ujian. Tanyakan jika ada hal-hal yang menurut sobat kurang jelas kepada pengawas saat diberi kesempatan bertanya.

6. Harus tenang dan percaya diri

Tips sukses SKD CPNS ini penting karena dengan percaya diri sobat akan merasa optimis dan berpikir dengan tenang sehingga dalam mengisi atau menebak jawaban tidak asal menebak dan penuh perhitungan.

Fokuskan pikiran sobat pada soal yang sedang sobat hadapi. Terutama ketika menghadapi penyajian angka, huruf, tanda baca, gambar simbol, kata dan kalimat sobat harus benar-benar teliti dan cermat. Jangan kaku, Usahakan diri sobat tetap dalam keadaan rileks.

Merasa panik dan gugup itu wajar. Apalagi jika ini merupakan tes SKD CPNS pertama sobat. Namun, bagaimana pun itu, usahakan untuk tetap tenang karena hal ini dapat membantu sobat untuk tetap fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan soal ujian.

Jangan sampai usaha belajar sobat selama ini berakhir sia-sia hanya karena rasa panik dan gugup mengambil alih dirimu. 

7. Jangan terpengaruh dengan hasil kerjaan peserta tes lain

Kadang memang ada peserta lain sudah bisa menyelesaikan jawabannya lebih cepat, tapi belum tentu mereka juga benar semua. Teliti kembali hasil pekerjaan sobat sebelum meninggalkan kursi, karena ketelitian juga merupakan faktor penting dalam mengerjakan CAT CPNS.

Tes ini dibatasi oleh waktu selama 90 menit, jadi sobat harus bisa memaksimalkan waktu yang terbatas tersebut untuk bisa mengerjakan dengan cepat, tepat namun juga tetap teliti. Usahakan semua jawaban terisi dengan hasil pemikiran sobat sendiri.

8. Usahakan jangan sampai ada jawaban yang kosong

Saat menjawab soal, jangan sampai meninggalkan komputer saat masih ada soal yang tanpa jawaban. Jangan sampai ada soal yang tidak dijawab. Karena dalam CAT tidak ada pengurangan nilai jika salah menjawab.

Untuk TIU dan TWK benar bernilai 5 dan salah 0. Adapun TKP nilai berkisar dari 1-5, artinya menjawab dengan asal pun minimal sobat masih bisa mendapatkan skor 1 untuk kelompok soal TKP. Jadi lebih baik sobat mengisi dengan jawaban cap-cip-cup (menebak) daripada membiarkannya kosong.

Soal pada awalnya akan berwarna merah. Bila telah menyelesaikan materi soal CAT CPNS online maka warna merah itu akan berganti menjadi warna hijau yang artinya peserta telah mengisi soal CAT tersebut. Perbedaan warna soal ini akan memudahkan peserta untuk mengetahui soal mana yang telah dijawab dan soal mana yang belum terjawab.

9. Kerjakan soal yang mudah dahulu

Perlu di ingat, waktu yang diberikan adalah 90 menit untuk mengerjakan 100 soal Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang terdiri dari 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan 30 soal Tes Inteligensia Umum (TIU), serta 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Jika sobat rata-rata berarti satu soal hanya memiliki waktu sekitar 1 menit.

Untuk soal-soal hafalan pendek waktu segini masih sangat memungkinkan, tetapi jika ada hitung-hitungannya apakah mungkin? terlebih lagi soal analasis, pasti perlu memakan waktu lebih dari 1 menit.

Untuk mengatasi hal ini, pertama kerjakan soal yang paling mudah dulu. Jika kiranya sampai pada soal yang agak sulit maka lewati dulu sementara. Atau jika sobat sebenarnya tau jawabannya tapi ragu, bisa ditandai di kertas terlebih dahulu.

Kedua, untuk soal berjenis hapalan, sobat bisa langsung jawab saja. Jika jawaban sobat masih ragu-ragu, cukup buat coretan kecil di kertas coretan atau klik tombol kuning ragu-ragu. Ketika jawaban tersebut masih ragu, sobat bisa cek kembali jika memang masih ada waktu yang tersisa.

Adapun untuk soal-soal yang lebih panjang, jika sudah lewat 90 detik belum terselesaikan juga, lebih baik sobat langsung memilih jawaban cap-cip-cup saja atau bahasa indonesianya ngasal, agar waktu sobat tidak habis terbelenggu di soal yang membingungkan itu.

Dengan efisien waktu pada soal tipe hapalan, sobat akan punya tambahan waktu untuk mengerjakan soal hitung-hitungan dan tipe soal analisis penalaran yang memerlukan waktu dan kerja otak lebih banyak untuk menyelesaikannya.

Kuncinya, saat proses ujian sedang berlangsung, jawablah pertanyaan yang menurut sobat paling mudah lebih dulu. Jangan sampai sobat terlalu sibuk memecahkan satu soal hingga lupa bahwa masih banyak soal lain yang harus diselesaikan. Ingat! Tips sukses SKD CPNS adalah mengerjakan soal dengan cepat dan tepat. 

Dalam SKD tidak ada sistem minus. Untuk TIU dan TWK, jawaban benar diberi nilai 5 sementara bila jawaban sobat salah atau soal tidak dijawab maka nilainya nol. Untuk soal TKP, nilai terendah adalah 1 dan tertinggi 5. Bila kamu tidak memberikan jawaban, nilainya nol. Jadi ingat tips sebelumnya, pastikan semua jawaban terisi, jangan sampai jawaban sobat dibiarkan kosong sampai waktu habis.

10. Kerjakanlah terlebih dahulu soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi)

Kenapa soal TKP terlebih dahulu? Karena soalnya bertanya tentang respon sobat, jadi jawabannya ada di dalam diri sobat sendiri. Tidak bergantung pada suatu aturan atau teori. Terlepas apakah jawaban sobat cocok atau tidak dengan kunci.

Artinya, sobat tidak akan mencari jawaban di luar diri sobat. Lagipula persentase nilai TKP lebih besar dari nilai TIU (Tes Intelejensia Umum) dan TWK (Tes Wawasan Kebangsaan). Sebisa mungkin untuk mendapatkan nilai tertinggi pada soal TKP ini.

Pada tes ini untuk dapat sukses SKD CPNS, sobat perlu membayangkan diri sobat dalam kondisi tertentu seperti yang disebutkan soal, dan bagaimana cara sobat menyelesaikan masalah jika berada dalam posisi tersebut.

11. Kembangkan strategi menjawab soal

Selain ke-10 cara diatas, untuk dapat sukses SKD CPNS, sobat juga perlu menerapkan strategi untuk menjawab soal-soal tertentu. Seperti, untuk soal bacaan, jika yang ditanya adalah pokok pikiran maka cukup baca bacaan bagian awal, akhir atau tengah saja dan cukup baca cepat dan singkat, tidak perlu dibaca secara keseluruhan, karena akan membuang-buang waktu 90 detik yang sobat miliki.

Pada soal cerita matematika dan penalaran, ini perlu analisis khusus. Intinya sobat harus bisa menyederhanakan persoalan yang diberikan dengan cepat, lalu menghitungnya dengan benar dan cepat pula. Jika sobat mampu menghemat waktu di soal-soal jenis hapalan, sobat akan mendapatkan banyak kelebihan waktu disini.

Saat menjawab soal TKP, berpikirlah sobat adalah pemerintah yang sedang mencari abdi negara. Orang seperti apa yang ingin sobat cari jika sobat adalah pemerintah? Coba untuk membayangkan diri sobat di posisi pemerintah. Maka itulah jawaban terbaiknya. Fokuskan untuk jawaban yang baik, positif, namun tetap konsisten.

12. Minta restu orang tua

Sebelum berangkat ke lokasi ujian, agar dapat sukses SKD CPNS, mintalah restu dari orang tua sobat. Karena percayalah, walaupun sobat yakin dengan diri sobat dengan semua persiapan yang sudah dilakukan, jika itu tidak direstui orang tua, maka semuanya tidak akan berjalan lancar.

Oleh karena itu sempatkanlah untuk meminta restu mereka. Walau bagaimana pun merekalah orang tua sobat, tanpa mereka sobat tidak akan bisa sampai seperti sekarang ini.

13. Jangan lupa berdoa dan berserah kepada Tuhan

Hal paling penting juga yang harus sobat lakukan sebelum melakukan tes adalah berdoa, berserah diri pada Yang Maha Kuasa, semoga semua usaha yang sudah dilakukan dapat berbuah hasil yang memuaskan, semoga diberi kelancaran dan kemudahan dalam mengerjakan berbagai macam bentuk soal ujian CPNS. Semoga akhirnya dapat sukses SKD CPNS.

Jangan sampai tegang/nervous, santai saja. Karena walaupun sobat sudah melakukan persiapan maksimal namun jika sobat tegang, nervous, panik, semua persiapan yang sudah sobat lakukan akan menghilang. Santai saja ketika sudah di Lokasi Ujian CAT.

Semua usaha sudah sobat lakukan, maka tinggal berserah diri pada Yang Maha Kuasa.
Tetaplah bersikap jujur, jangan curang. Dan yakinlah bahwa apapun hasilnya, maka itu adalah yang terbaik buat sobat.

Akhir Kata

Jika belum memenuhi passing grade, jangan berpatah semangat, mungkin memang jalan hidup sobat bukan di lingkup Pegawai Negeri. Percayalah masih banyak peluang dan kesempatan-kesempatan kerja di luar sana. Menjadi PNS bukanlah satu-satunya.

Yang terpenting adalah sobat sudah berusaha yang terbaik untuk dapat sukses SKD CPNS. Bagaimanapun hasilnya biar Yang Maha Kuasa yang mengatur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tolong masukkan komentar sobat!
Masukkan nama sobat disini