Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Simulasi CAT CPNS HOTS Soal TKP. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah salah satu jenis soal yang akan keluar pada ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS.

Pada SKD CPNS tahun 2019 ini, soal jenis TKP akan mengadopsi soal HOTS atau High Order Thingking Skilss.Panselnas CPNS 2019 dalam membuat soal TKP bentuk HOTS menggandeng Kemendikbud dan Kemenristekdikti, yang juga merupakan anggota dari Panselnas CPNS.

Penerapan soal HOTS pada ujian seleksi penerimaan CPNS 2019 ini nantinya akan diterapkan pada 35 soal ujian Tes Karakteristik Pribadi atau TKP. Tujuan dari penerapan soal HOTS pada soal ujian tes karakteristik pribadi (TKP) CPNS 2019 adalah untuk menyesuaikan dengan perkembangan dan tantangan masa kini.

Simulasi CAT CPNS HOTS soal TKP

Teruslah membaca postingan ini, karena dibagian akhir sobat akan menemukan simulasi 70 soal TKP Simulasi CAT CPNS HOTS 2019.

Simulasi CAT CPNS HOTS pada Soal TKP CPNS 2019

Untuk tingkat kesulitannya sendiri tidak akan jauh berbeda dengan soal-soal ujian seleksi CPNS pada tahun lalu. Bentuk soal HOTS ini sendiri telah diterapkan pada soal-soal Ujian Nasional (UN) SD, SMP dan SLTA sederajat serta pada soal penerimaan mahasiswa baru (SBMPTN).

Baca juga: Cara Melakukan Simulasi CAT CPNS Online 2019-2020 Gratis

Soal Tes Karakteristik Pribadi atau Soal TKP HOTS ini nantinya akan meminta para peserta ujian seleksi CPNS untuk memilih jawaban yang benar dalam mengadapi suatu kasus yang diberikan di kehidupan sehari-hari.

Jadi, bentuk soal TKP HOTS yang akan diujikan nanti berisi soal-soal yang up to date, yang terkait dengan isu-isu yang sedang hangat terjadi. Intinya, soal TKP HOTS ini tidak sulit, hanya bentuknya saja yang akan disesuaikan dengan perkembangan jaman.

Alasan mengapa pemerintah menerapkan Soal HOTS pada soal TKP CPNS 2019 nanti adalah untuk menghasilkan aparatur sipil negara yang siap dengan tantangan dan perubahan jaman serta siap melayani masyarakat.

Salah satu tips dalam menjawab soal TKP adalah dengan jalan menempatkan diri sobat sendiri sebagai Aparatur Sipil Negara atau PNS. Artinya, ketika sobat menjawab soal TKP, bayangkan bahwa diri sobat saat ini adalah seorang PNS yang sedang dihadapkan kepada situasi tertentu, maka dengan begitu Anda akan mengerti apa yang diharapkan dari soal-soal TKP CPNS tersebut.

Pada soal TKP atau tes karakteristik pribadi, tidak ada jawaban yang salah, artinya tidak akan ada nilai ‘0’, Namun setiap jawaban akan memiliki bobot nilai yang berbeda-beda, yakni 1 untuk jaman yang tidak tepat hingga 5 untuk jawaban yang paling tepat.

Mengenal Bentuk Soal HOTS

Penerapan bentuk soal HOTS pada 35 soal TKP dalam seleksi nasional penerimaan CPNS tahun 2019 kali ini bertujuan untuk menyaring peserta yang berorientasi melayani. Soal HOTS atau High Order Thingking Skills adalah soal dengan kemampuan analisa tinggi.

Apa itu soal HOTS?

HOTS adalah satu cara untuk menguji apakah seseorang bisa menganalisis, membandingkan, menghitung, dan sebagainya. Jadi memang yang diperlukan adalah kemampuan yang tidak biasa, tidak hanya sekadar mengingat atau menghafal saja. Logika atau penalaran pun juga ikut diuji.

Soal TKP model HOTS ini membuat para peserta ujian untuk melakukan penalaran tingkat tinggi sehingga tidak terpaku hanya pada satu pola jawaban yang dihasilkan dari proses menghafal, tanpa mengetahui konsep ilmunya.

Baca juga: Rahasia Sukses SKD CPNS Lengkap Dengan Kisi-Kisi Materi

Soal HOTS atau High Order Thingking Skills adalah soal dengan kemampuan analisa tinggi. Soal HOTS pertama kali diperkenalkan dari konsep Benjamin S. Bloom, dalam buku yang berjudul Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals (1956). Yang mengategorikan berbagai tingkat pemikiran bernama Taksonomi Bloom, mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi.

Konsep ini merupakan tujuan-tujuan pembelajaran yang terbagi ke dalam:

  • Kognitif – Keterampilan Mental Seputar Pengetahuan
  • Afektif – Sisi Emosi Seputar Sikap dan Perasaan
  • Psikomotorik – Kemampuan Fisik seperti Keterampilan

HOTS merupakan bagian dari ranah kognitif yang ada dalam Taksonomi Bloom dan bertujuan untuk mengasah keterampilan mental seputar pengetahuan. Ranah kognitif versi Bloom ini kemudian direvisi oleh Lorin Anderson, David Karthwohl, pada tahun 2001, yaitu:

  • Mengingat (remembering)
  • Memahami (understanding)
  • Mengaplikasikan (applying)
  • Menganalisis (analyzing)
  • Mengevaluasi (evaluating)
  • Mencipta (creating)

Tingkatan 1 sampai 3 dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat rendah (LOTS), sedangkan tingkat 4 sampai 6 dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Menganalisa, mengevaluasi, dan mencipta, 3 hal inilah yang diharapkan dimiliki oleh para peserta ujian CPNS

Simulasi CAT CPNS HOTS Soal TKP 2019

Mulai sekarang bekali diri sobat untuk menghadapi ujian seleksi penerimaan CPNS 2019 mendatang dengan usaha yang maksimal. Tapi jangan lupa untuk berdoa, karena usaha tanpa doa juga tidak akan ada hasilnya, begitu pun sebaliknya.

Pelajari terus pembahasan soal-soal CPNS agar sobat terbiasa dengan bentuk soal ujian tes CPNS, khususnya Tes Karakteristik Pribadi Bentuk Soal HOTS dan lulus serta menjadi PNS. Dan untuk membantu sobat, berikut saya berikan 70 Soal Simulasi CAT CPNS HOTS TKP 2019.

Baca juga: 100 Soal TWK Simulasi CAT CPNS Online 2019 Gratis

Saya berharap dengan Simulasi CAT CPNS HOTS 2019 berupa 70 soal HOTS TKP ini, sobat dapat memahami dan mempunyai gambaran bagaimana bentuk soal HOTS TKP dan sistem ujian seleksi cpns yang menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dalam seleksi Rekrutmen CPNS 2019 nanti.

Selain itu, saya juga berharap 70 soal hots tkp simulasi CAT CPNS HOTS 2019 ini menjadi tempat sobat dalam berlatih soal cpns untuk memperkaya bank soal cpns sobat.

Simulasi CAT CPNS HOTS TKP Online CPNS 2019 ini saya berikan secara GRATIS, dan berisi 70 pertanyaan soal HOTS Tes Karakteristik Pribadi, untuk menilai:

  1. Pelayanan publik
  2. Sosial budaya
  3. Teknologi informasi dan komunikasi
  4. Profesionalisme
  5. Jejaring kerja
  6. Integritas diri
  7. Semangat berprestasi
  8. Kreativitas dan inovasi
  9. Orientasi pada pelayanan
  10. Orientasi kepada orang lain
  11. Kemampuan beradaptasi
  12. Kemampuan mengendalikan diri
  13. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
  14. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
  15. Kemampuan bekerjasama dalam kelompok
  16. Kemampuan menggerakkan dan mengoordinasi orang lain.

Setelah sobat menyelesaikan jawaban simulasi CAT CPNS HOTS TKP 2019 online ini, akan ditampilkan:

  1. Pertanyaan Beserta Jawaban serta bobot nilainya
  2. Waktu Pengerjaan Pertanyaan
  3. Passing Grade ditetapkan 81% sesuai standar BKN
  4. Setelah simulasi selesai dikerjakan, pengulangan dapat dilakukan kapan saja, berapa kali pun

Untuk Simulasi CAT CPNS Online 2019-2020 Materi Soal TWK sobat bisa ke sini
Untuk Simulasi CAT CPNS Online 2019-2020 Materi Soal TIU sobat bisa ke sini
Untuk Simulasi CAT SKD CPNS Online 2019-2020 100 Soal Full sobat bisa ke sini
Untuk Latihan Soal SKD TIU (Analogi) CPNS 2019-2020 sobat bisa ke sini

Untuk memulai simulasi silahkan klik tombol Mulai di bawah ini.

Lakukanlah latihan sesering mungkin agar sobat dapat terbiasa dengan berbagai macam bentuk soal HOTS. Ketika sobat sudah terbiasa maka ketika nanti saatnya ujian SKD pada soal TKP sobat tidak akan kesulitan.

3 KOMENTAR

  1. Bli
    Saya bingung dengan tes TKP HOTs ini. Apa yang menurut saya benar ternyata bukanlah jawaban yang benar2 benar. Sedangkan, jujur saja, dalam ujian tentu kita harus bisa dapat skor yang tinggi. Apa ada tips mengerjakan soal tkp ini? Atau semua pilihan jawaban itu tergantung ke tim pembuat soal terkait skornya? Saya bahkan blm menemukan cara menyelesaikan soal2 ini dgn maksimal. Apakah hanya bergantung pada keberuntungan semata? Mohon penjelasannya 🤕 terima kasih bli 😣

    • Itulah yang disebut sistem HOTS mba. Kadang yang kita pikir benar, ternyata jika diperhitungkan aspek lain, jawaban kita belum terlalu benar. Jadi solusinya mungkin perbanyak lagi latihan soal soal yang serupa, agar dapat memperhitungkan aspek aspek lain dengan baik sebelum mba menentukan jawabannya.

      Sukses selalu ya mba 😀

TINGGALKAN KOMENTAR

Tolong masukkan komentar sobat!
Masukkan nama sobat disini