Remaja merupakan pengguna internet paling banyak dibandingkan usia yang lain, seperti anak-anak, orang dewasa, atau pun orang tua. Seperti yang kita tahu, internet memiliki dua mata pisau yang bisa memberikan manfaat, tapi juga bisa memberikan dampak buruk. Hal inilah yang menjadi kekhawatiran tersendiri, karena internet yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan remaja.

Baca juga: 10 Fakta Pengguna Internet di Indonesia yang Menarik

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melakukan penelitian yang didanai oleh UNICEF mengenai penggunaan internet. Studi tersebut menunjukkan bahwa terdapat 98% dari anak-anak dan remaja sudah mengetahui tentang internet. Di antara jumlah tersebut, terdapat 79,5% anak-anak dan remaja sebagai pengguna internet. Fenomena ini pun sudah begitu lekat dalam kehidupan masyarakat yang tidak bisa terlepas dari internet.

Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri aktivitas online dari sampel anak-anak dan remaja yang berumur 10-19 tahun. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 400 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Sehingga hasilnya mampu merepresentasikan pengguna internet paling banyak dari masyarakat Indonesia secara lebih luas.

Sebelumnya telah dilakukan penelitian terlebih dahulu, agar gambaran yang didapatkan lebih komprehensif dan terkini mengenai penggunaan media digital di kalangan anak-anak dan remaja di Indonesia. Penelitian ini juga mencakup alasan mereka menggunakan internet dan informasi mengenai anak-anak serta remaja yang tidak menggunakan media digital. Semua lengkap akan kita bahas bersama.

Alasan Anak dan Remaja Menggunakan Internet

Alasan Anak dan Remaja Menggunakan Internet

Meskipun banyak anak-anak dan remaja yang sudah menggunakan internet, bahkan menjadi pengguna internet paling banyak, namun terdapat 20% responden yang tidak menggunakan internet. Hal ini dikarenakan tidak adanya perangkat atau infrastruktur untuk mengakses internet. Selain itu, mereka juga mengungkapkan bahwa alasan tidak menggunakan internet, karena dilarang oleh orang tuanya.

Perubahan akses dan penggunaan media digital internet di kalangan anak dan remaja. Mulanya, mereka hanya bisa mengakses internet dari komputer di laboratorium sekolah atau warung internet, tapi sekarang dengan meningkatnya penggunaan smartphone yang dapat terkoneksi internet membuat anak dan remaja mampu mengakses internet kapan saja dan dimana saja.

Selain itu, studi yang dilakukan juga menunjukkan bahwa ada tiga motivasi utama bagi anak dan remaja. Motivasi pertama adalah untuk mencari informasi yang biasanya berkaitan dengan tugas-tugas sekolah. Karena memang sudah banyak tugas sekolah yang membutuhkan koneksi internet dalam mengerjakannya, meskipun ada informasi lain yang tidak berkaitan dengan tugas sekolah.

Motivasi kedua adalah untuk berkomunikasi dengan teman-temannya. Dengan adanya media komunikasi online, anak dan remaja tidak akan kesulitan lagi untuk berkomunikasi satu sama lain, baik untuk bertanya kabar, tugas atau hal lainnya. Kemudian, motivasi ketiga adalah sebagai hiburan. Pengguna internet paling banyak ini sering mengakses internet untuk melihat video, film atau game sebagai hiburan.

Pentingnya Pengawasan Orang Tua

Hasil penelitian yang telah dilakukan tersebut sebaiknya dijadikan masukan, karena memang internet tidak bisa dipisahkan dari kehidupan anak dan remaja sehari-hari di Indonesia. Beberapa aktivitas online mungkin memberikan manfaat, tapi banyak pula dampak buruk yang bisa diberikan. Dampak buruk ini tidak hanya mengganggu kegiatan, tapi juga dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental.

Orang tua masih menjadi agen utama yang berpengaruh terhadap kehidupan mereka, sehingga pengawasan dan kontrol orang tua sangat penting terhadap aktivitas online mereka. Orang tua harus meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan keterampilan mereka mengenai internet, agar pengawasan dan kontrol bisa dilakukan dengan baik.

Karena internet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari anak dan remaja, Anda tidak bisa memisahkan mereka begitu saja. Hal yang terpenting adalah penggunaan internet dengan cara dan tujuan yang tepat. Sehingga tidak disalahgunakan hingga akhirnya muncul kecanduan, yang akan memberikan dampak buruk lebih parah lagi.

Itulah tadi informasi mengenai alasan remaja menggunakan internet dan pentingnya pengawasan orang tua, terhadap penggunaan internet oleh remaja. Anda harus memberikan perhatian lebih mengenai penggunaan internet remaja, karena banyak konten yang belum sesuai dengan usianya sekarang. Pastikan jika pengguna internet paling banyak ini bisa memilah aktivitas online mana yang bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tolong masukkan komentar sobat!
Masukkan nama sobat disini