Pengguna internet di dunia terus mengalami pertambahan seiring dengan waktu. Usia pengguna internet pun tidak hanya terbatas pada remaja atau orang dewasa, bahkan anak-anak yang masih balita pun sudah mulai mengenal internet. Tidak heran jika internet tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan zaman sekarang yang serba canggih.

Fenomena tentang internet memang selalu berhasil menarik minat banyak orang. Pada bulan Maret 2019 lalu pun dilakukan survei untuk mengetahui jumlah pengguna internet di beberapa negara, termasuk Indonesia. Ternyata, bukan cuma negara maju yang memiliki pengguna internet terbanyak, melainkan juga negara berkembang.

Berikut Ini Adalah 5 Negara Dengan Pengguna Internet di Dunia Terbanyak

1. Pengguna Internet di Tiongkok

Tak bisa dipungkiri bahwa negara maju ini memang terkenal dengan teknologinya yang serba canggih. Kecanggihan teknologi tersebut diimbangi dengan koneksi internet yang super cepat, ditambah dengan kebutuhan masyarakatnya akan internet, baik untuk berkomunikasi, browsing, hiburan atau lainnya. Tidak heran jika jumlah pengguna internet di dunia paling banyak.

Menurut data statistik, diketahui bahwa ada 829 juta jiwa pengguna internet yang ada di Tiongkok. Jumlah ini terpaut cukup jauh dengan negara lainnya. Bahkan, pasalnya Tiongkok akan meluncurkan internet 5G kepada konsumen secara komersil. Penawaran ini akan dilakukan di 40 kota di Tiongkok. Perkembangan internet di negara ini pun semakin tinggi.

2. Pengguna Internet Terbanyak ke 2 di India

India memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak heran jika banyak wisatawan yang memilih negara India sebagai tujuan. Namun, banyak di antara mereka yang khawatir akan koneksi internet karena pasalnya koneksi internet di India cukup sulit. Meski demikian, India justru menjadi negara kedua dengan pengguna internet di dunia yang paling banyak.

Berdasarkan data statistik diketahui bahwa jumlah pengguna internet di India sudah mencapai 560 juta jiwa. Jumlah ini memiliki selisih 269 juta jiwa dengan peringkat pertama, yaitu Tiongkok. Bahkan pengguna ponsel di India mampu menghabiskan rata-rata 9,8 GB kuota data internet setiap bulannya, termasuk di Nepal dan Bhutan.

3. Pengguna Internet di Amerika Serikat

Sebelumnya, Amerika Serikat (AS) berada di perangkat kedua, tapi kemudian berhasil digeser oleh India dan sekarang AS menempati posisi ketiga pengguna internet di dunia paling banyak. Sebagai negara yang maju dan memiliki fasilitas internet yang canggih, tidak heran rasanya jika pemakaian internet di negara ini cukup banyak. Bahkan, mencapai 292,87 juta jiwa.

Sebuah survei menemukan fakta bahwa hampir 70% orang AS menggunakan internet untuk menonton satu atau lebih dari video klip, acara TV, film dan video pendidikan. Jadi, konten dalam bentuk video menjadi konten yang paling banyak dilihat. Selain itu, survei tersebut juga menemukan bahwa konsumen terbesar online adalah orang dewasa berusia 18-29 tahun.

4. Pengguna Internet di Brazil

Brazil berhasil menempati posisi keempat dari pengguna internet di dunia paling banyak. Dengan jumlah pengguna internet yang mencapai 149,06 juta jiwa, maka lebih dari setengah total keseluruhan penduduk di Brazil merupakan pengguna aktif internet karena Brazil memiliki penduduk sekitar 212 juta jiwa.

Jumlah pengguna aktif internet di Brazil memiliki jumlah yang hampir sama dengan Indonesia karena selisihnya hanya sedikit, yaitu 5,8 juta. Tidak seperti posisi sebelumnya, dimana selisih antara satu posisi dengan posisi lainnya terpaut cukup jauh.

5. Pengguna Internet di Indonesia

Jumlah pengguna internet di Indonesia terus mengalami peningkatan yang membuat posisi Negara Indonesia pun juga meningkat dalam urutan pengguna internet di dunia terbanyak. Dimana sebelumnya berada pada tingkat keenam, Indonesia kembali naik ke posisi kelima dengan pengguna internet mencapai 143,26 juta. Jumlah ini juga sudah melebihi setengah dari total penduduk di Indonesia yang terhitung sekitar 268 juta jiwa.

Baca juga: Mencengangkan! Ini Hasil Survei Pengguna Internet di Indonesia

Lebih dari sepertiga hari dari pengguna internet di Indonesia dihabiskan untuk menonton film dengan rata-rata 8 jam dan 36 menit. Sebagian besar pengguna internet memilih media sosial sebagai platform yang paling banyak digunakan, mulai dari usia anak hingga orang dewasa. Itulah tadi informasi mengenai jumlah pengguna internet di beberapa negara. Di Indonesia, jumlah pengguna internet terus bertambah. Hal ini cukup mengkhawatirkan, karena sudah menyentuh masa anak-anak yang seharusnya belum mengetahui tentang gawai atau pun internet. Tidak heran jika Indonesia masuk dalam pengguna internet di dunia yang terbanyak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tolong masukkan komentar sobat!
Masukkan nama sobat disini