Pengertian PNS kerap kali membuat bingung. Banyak orang berlomba-lomba menjadi Pegawai Negeri Sipil atau lebih dikenal PNS. Buktinya ketika dibuka pendaftaran CPNS, ribuan bahkan jutaan orang berebutan untuk mendaftar sesuai formasi yang disediakan. Bahkan seringkali yang mendaftar dalam suatu formasi puluhan kali lipat dari yang dibutuhkan formasi tersebut. Walaupun begitu, banyak juga yang masih bingung dengan pengertian PNS itu sendiri.

Baca juga: 5 Tips Sukses Ujian CPNS: Persyaratan Hingga Sistematika Soal

Apa sih pengertian PNS itu? Pasti yang terngiang di kepala sobat adalah Pegawai Negeri Sipil, itu hanya kepanjangannya saja. Pengertian PNS sendiri sudah diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok Pokok Kepegawaian, kemudian diubah di UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara atau ASN. Kedua Undang-Undang ini memberikan pengertian PNS yang cukup jelas.

Pengertian PNS

Menurut UU Nomor 8 Tahun 1974

Sebelumnya pengertian PNS sudah diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian. Namun peraturan ini sudah tidak berlaku.

Dalam Bab 1 Pasal 1 huruf A UU tersebut, disebutkan bahwa:

Pegawai Negeri adalah mereka yang setelah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku,diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam sesuatu jabatan Negeri atau diserahi tugas Negara lainnya yang ditetapkan berdasarkan sesuatu peraturan perundang-undangan dan digaji menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menurut pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa PNS harus:

  1. Memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam UU.
  2. Diangkat oleh pejabat yang berwenang.
  3. Diserahi tugas dan sebuah jabatan dan atau tugas negara lainnya yang didasarkan pada peraturan yang berlaku.
  4. Terakhir, ia digaji menurut UU yang berlaku.

Menurut UU Nomor 5 Tahun 2014

Peraturan ini yang sekarang sedang berlaku adalah UU Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara atau ASN. Disini dijelaskan ASN sendiri terbagi dua, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca juga: Jenis Pangkat, Golongan dan Gaji Terbaru PNS 2020

Dalam UU ASN ini pengertian PNS terdapat dalam angka 3, yang berbunyi:

Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disingkat PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Dari rumusan diatas dapat disimpulkan bahwa PNS harus:

  1. Memenuhi syarat yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Diangkat oleh pejabat yang berwenang;
  3. Diserahi tugas dalam jabatan negeri atau jabatan negara lainnya;
  4. Digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Tidak banyak perubahan dari UU sebelumnya. Bahkan pengertian PNS dari kedua UU diatas dapat terbilang sama. Hanya saja pada UU Nomor 8 Tahun 1974 PNS pernah dinyatakan sebagai salah satu bagian pegawai negeri yang terdiri dari:

  1. Pegawai Negeri Sipil
  2. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  3. Anggota Tentara Nasional Indonesia

Hal tersebut dirubah dalam UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, yang hanya terbagi 2 yaitu:

  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  2. Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K)

Secara Umum

Dari pengertian PNS diatas, dapat disimpulkan secara umum bahwa pengertian PNS atau Pegawai Negeri Sipil adalah warga negara Republik Indonesia yang sudah memenuhi syarat yang ditentukan, kemudian diangkat oleh pejabat yang berwenang menjadi pegawai dan diserahi tugas dalam suatu jabatan, atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasakan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Di seluruh negara di belahan dunia pasti terdapat PNS, hanya saja tiap tiap negara tersebut memiliki pengertian PNS yang berbeda beda. Dalam bahasa inggris PNS disebut Civil Servant atau jika diartikan, Pelayan Publik. Pada intinya PNS mempunyai tugas utama yaitu melayani kepentingan publik atau rakyat.

Contohnya di Inggris, Civil Servant adalah pengertian PNS untuk orang yang bekerja pada Ratu Inggris. Pegawai yang dipekerjakan oleh Parlemen maupun badan publik lain. Di inggris hanya ada 1 dari 12 badan publik yang pegawainya di sebut dengan PNS

Selain di Inggris, di Amerika PNS disebut dengan Civil Sevice. Civil Sevice adalah orang-orang yang bekerja pada badan pemerintah, termasuk juga yang bekerja di Negara Federal (Federal State), Negara (State), dan Lembaga Pemerintah Daerah. Masing-masing PNS disana memiliki tugas khusus pada daerah yang dikelolanya.

Itulah tadi sedikit tentang pengertian PNS yang sudah diatur dalam Undang Undang. Namun, untuk kamu yang tidak berminat menjadi PNS, tidak masalah, dan mengetahui pengertian PNS ini juga bukan hal yang salah. Mungkin kamu memang punya jiwa wirausaha tinggi dan bermimpi menjadi pengusaha. Semuanya bisa kamu mulai dari sekarang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tolong masukkan komentar sobat!
Masukkan nama sobat disini