Terdapat berbagai macam jenis tes bahasa Inggris yang perlu sobat ketahui. Kelima jenis tes bahasa inggris ini dapat sobat gunakan untuk mendaftar di universitas luar negeri maupun untuk melamar pekerjaan di perusahaan negeri atau swasta.

Ditetapkannya Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional membuat universitas universitas di luar negeri memberikan berbagai macam standar tes bahasa Inggris untuk pendaftar atau calon mahasiswa yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris.

Selain untuk mendaftar kuliah di luar negeri, tes ini juga digunakan sebagai syarat untuk melamar di beberapa perusahaan di Indonesia. Khususnya untuk perusahaan yang sudah bertaraf internasional, mewajibkan calon karyawannya untuk mengikuti tes uji kemampuan bahasa Inggris ini dan diwajibkan untuk mencapai skor yang sudah ditentukan sesuai standar perusahaan.

Jadi, untuk sobat yang ingin melamar pekerjaan atau ingin melanjutkan kuliah di luar negeri sangat penting untuk memiliki sertifikat dari salah satu jenis tes bahasa Inggris ini. Sebelum itu, sobat perlu tau Apa pengertian dan Kegunaan dari tiap tiap jenis tes bahasa Inggris berikut ini.

1. TOEFL (Test Of English as a Foreign Language)

Jenis Tes Bahasa Inggris
isscafrica.com

TOEFL adalah singkatan dari Test Of English as a Foreign Language, atau jika diartikan adalah tes bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Tes ini adalah jenis tes bahasa inggris yang paling umum dan paling banyak diketahui masyarakat dan paling umum di Indonesia.

Tes ini menjadi syarat ketika sobat ingin berkuliah di daerah Amerika, Eropa, Kanada dan negara lain yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Selain itu, tes ini juga biasa menjadi salah satu persyaratan untuk melamar di perusahaan perusahaan berstandar internasional. Untuk melanjutkan studi maupun kerja, skor minimal TOEFL yang diminta menurut persyaratan adalah minimal sekitar 500-550 atau lebih.

Secara umum tes ini bertujuan untuk menilai:

  • Kemampuan membaca bahasa Inggris dengan baik dan benar agar nantinya bisa memahami buku buku yang diwajibkan.
  • Kemampuan menulis dan tata bahasa dalam bahasa Inggris agar mampu membuat tulisan ilmiah dan laporan.
  • Kemampuan mendengarkan dengan baik dan benar mengenai uraian yang diberikan dalam bahasa Inggris agar tidak ada miskomunikasi.

Ujian TOEFL ini pada umumnya diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) yang bertempat di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia.

Untuk mendaftar tes TOEFL, biaya pendaftarannya berkisar $40 atau sekitar 550 ribu rupiah. Hal ini tergantung dari jenis tes bahasa inggris TOEFL yang sobat pilih.

TOEFL terdiri dari empat bagian, yaitu listening, reading, writing, dan speaking dengan durasi sekitar tiga hingga empat jam lama tesnya. Tes ini dilaksanakan dalam bentuk tes tertulis, tes berbasis komputer (menggunakan software), dan tes berbasis internet (menggunakan komputer yang tersambung ke internet).

Sampai saat ini ada tiga jenis TOEFL yang di keluarkan oleh ETS (English Testing Service), yaitu:

  • PBT (Paper Based Test) TOEFL
  • CBT (Computer Based Test) TOEFL
  • IBT (Internet Based Test) TOEFL

2. IELTS (International English Language Testing System)

Wajib Tau!!! 5 Jenis Tes Bahasa Inggris Paling Umum
suneducationgroup.com

IELTS juga merupakan salah satu jenis tes bahasa Inggris yang sangat wajib bagi sobat yang ingin melanjutkan kuliah ke Australia, New Zealand, atau Inggris. International English Language Testing System atau yang disingkat IELTS biasanya digunakan jika sobat ingin belajar atau bekerja di negara negara yang menggunakan bahasa Inggris dengan logat Inggris (British English).

Berbeda dengan TOEFL yang menggunakan logat Amerika (American English), bahasa yang dipakai dalam jenis tes bahasa inggris ini merupakan logat Inggris (British English), yang dikenal dengan tulisan dan aksen british yang sangat kental dan cukup sulit.

Jenis tes bahasa Inggris ini diselenggarakan oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Educational Australia. IELTS sendiri pertama kali didirikan di tahun 1989.

Tes ini sangat populer karena tingkat kesulitannya yang cukup tinggi dan butuh strategi khusus untuk menjawab. Karena tingkat kesulitannya tersebut, tidak heran banyak yang memilih untuk mengikuti preparation course atau kursus persiapan terlebih dahulu agar kemungkinan lulusnya makin tinggi.

IELTS mempunyai dua jenis tes yaitu: 

  1. General Training
    Jenis IELTS ini ditujukan bagi sobat yang berencana melakukan pelatihan non-akademis atau untuk mendapatkan pengalaman kerja, atau untuk tujuan imigrasi.
  2. Academic Training
    Jenis IELTS ini ditujukan bagi mereka yang ingin mendaftar di universitas dan lembaga pendidikan tinggi lainnya dan bagi para profesional seperti dokter dan perawat yang ingin belajar atau praktek di negara berbahasa Inggris.

Tes IELTS sendiri memiliki empat bagian sama seperti TOEFL yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Rentang skor untuk tes ini adalah 1-9 yang lebih dikenal dengan Skala 9 Band, berikut uraiannya:

  • Band 1 (Non user)
    Tidak memiliki kemampuan menggunakan bahasa Inggris. Hanya bisa menggunakan beberapa kata secara acak.
  • Band 2 (Intermittent user)
    Sangat kesulitan memahami bahasa Inggris lisan dan tertulis. Mustahil membangun komunikasi kecuali untuk informasi yang sangat mendasar atau memenuhi kebutuhan yang bersifat urgen.
  • Band 3 (Extremely limited user)
    Hanya bisa memahami dan menyampaikan makna umum dalam situasi yang sangat familier. Sering mengalami kegagalan komunikasi.
  • Band 4 (Limited user)
    Kompetensi yang mendasar hanya terbatas pada situasi-situasi yang familier. Sering mengalami masalah dalam memahami dan mengekspresikan informasi atau ide. Tidak mampu menggunakan bahasa yang kompleks.
  • Band 5 (Modest user)
    Telah menguasai sebagian kemampuan bahasa Inggris. Memahami makna yang bersifat umum dalam banyak situasi meski cenderung sering membuat kesalahan.
  • Band 6 (Competent user)
    Secara umum telah efektif menguasai kemampuan bahasa Inggris meskipun sering terjadi ketidaksesuaian, ketidak tepatan, dan ketidakpahaman. Bisa memahami dan menggunakan bahasa yang kompleks secara memadai, terutama dalam situasi-situasi yang familier.
  • Band 7 (Good user)
    Telah menguasai kemampuan berbahasa Inggris, hanya kadang terjadi ketidaksesuaian, ketidaktepatan, dan ketidakpahaman dalam situasi-situasi tertentu. Secara umum telah menguasai bahasa yang kompleks secara baik dan memahami penalaran yang mendetail.
  • Band  8 (Very good user)
    Telah sepenuhnya menguasai kemampuan berbahasa Inggris, hanya kadang terjadi ketidaksesuaian atau ketidaktepatan. Kadang terjadi ketidak pahaman dalam situasi yang asing. Mampu menguasai argumentasi yang kompleks dan mendetail secara baik.
  • Band 9 (Expert user)
    Telah sepenuhnya menguasai kemampuan berbahasa Inggris: mampu menggunakannya secara sesuai, tepat, lancar, dan dengan pemahaman yang penuh.

Setiap negara memiliki standar skornya masing masing. Contohnya di Australia, sobat harus memiliki skor minimal sekitar 4.5-5.00 untuk General Training dan 5.5-7.00 untuk Academic Training.

Jika ingin mengikuti test ini, sobat harus mendaftar di British Council yang hanya berada di kota-kota tertentu seperti Makassar, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Biaya pendaftaran jenis tes bahasa Inggris ini adalah sekitar 2,9 juta rupiah.

3. TOEIC (Test of English for International Communication)

Wajib Tau!!! 5 Jenis Tes Bahasa Inggris Paling Umum
vectorstock.com

Test of English for International Communication atau lebih dikenal dengan sebutan TOEIC merupakan jenis tes bahasa inggris untuk memperlihatkan kemampuan komunikasi dalama bahasa Inggrisdi dunia kerja.

Berbeda dengan TOEFL dan IELTS yang lebih ke arah akademis untuk melanjutkan pendidikan, tes satu ini lebih cocok untuk sobat yang mau mencari pekerjaan di luar negeri.

Tidak hanya itu, beberapa perusahaan di Indonesia juga mengharuskan mengambil tes ini sebagai persyaratan untuk mendaftar. Di antaranya adalah FWD, Mitsubishi, Manulife, Badan Kepegawaian Negara, Arsip Nasional Republik Indonesia, Pilot dan Pengatur Lalu Lintas Udara (ATC).

Standar penilaian untuk tes ini memakai standar CEFR (The Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment). Rentang skor dalam jenis tes bahasa inggris ini adalah 5-495 pada bagian listening dan 5-495 pada bagian reading, sehingga total skor rata-rata akan menjadi 10-990.

Menurut skornya, sertifikat TOEIC dibagi kedalam 6 level, yaitu:

  • Level 0/0+ Novice (skor 10-250)
  • Level 1 Elementary (skor 255-400)
  • Level 1+ Intermediate (skor 405-600)
  • Level 2 Basic Working Proficiency (skor 605-780)
  • Level 2+ Advance Working Profiency ( skor 785-900)
  • Level 3/3+ General Professional Proficiency (skor 905-990).

Biaya untuk pendaftaran test ini berkisar $40-$50 atau sekitar 600-700 ribu rupiah.

4. SAT (Scholastic Aptitude/Assessment Test)

Wajib Tau!!! 5 Jenis Tes Bahasa Inggris Paling Umum
time.com

Apa itu SAT? SAT adalah ujian standarisasi yang diciptakan oleh College Board. SAT merupakan tes wajib yang digunakan untuk sobat yang ingin mendaftar sebagai mahasiswa baru jenjang S1 di Amerika Serikat.

Tes ini memiliki beberapa komponen seperti evidence-based reading and writing, reading test, writing and language test, mathematics, dan essay. Minimum skor yang ditentukan dalam tes ini adalah 2000. Jika sobat dapat menembus angka tersebut, sobat bisa diterima di universitas-universitas ternama yang ada di Amerika Serikat. Selain di Amerika, tes SAT juga dapat digunakan di beberapa negara lain seperti di Inggris, Singapura, Finlandia dan Australia.

Persiapan dalam tes ini memerlukan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar enam sampai tujuh bulan lamanya. Biaya pendaftaran SAT adalah sekitar 800 ribu rupiah.

5. GMAT (Graduate Management Admission Test)

Wajib Tau!!! 5 Jenis Tes Bahasa Inggris Paling Umum
jamboreeeducation.com

GMAT (dibaca: ji-met) adalah tes berbasis komputer yang diperuntukan untuk mahasiswa program studi bisnis yang akan melanjutkan studi Master of Business Administration (MBA) di universitas universitas internasional. GMAT juga merupakan salah satu jenis tes bahasa Inggris yang digunakan untuk menentukan “aptitude” dalam ilmu manajemen bisnis.

Test ini sendiri terbagi dalam empat bagian yaitu kemampuan verbal umum (verbal section), matematika (quantitative section), analytical writing assessment (AWA), dan penalaran terpadu (integrated reasoning). Empat bagian tersebut dapat dikerjakan secara urut atau tidak urut sesuai keinginan peserta ujian.

Durasi test ini berlangsung kurang lebih 4 jam, dengan biaya pendaftaran berkisar 2,5 juta rupiah atau AS$250.

Sebelum memulai jenis tes bahasa Inggris ini, ada baiknya sobat melakukan persiapan melalui les ataupun praktek sendiri dengan memakai teknologi yang sudah ada jika tidak ingin mengeluarkan biaya lebih banyak.

Kelima jenis test bahasa Inggris diatas adalah jenis test bahasa Inggris yang paling umum digunakan sebagai standar untuk melamar dan mendaftar menjadi pegawai perusahaan atau melanjutkan studi di luar negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tolong masukkan komentar sobat!
Masukkan nama sobat disini