Pegawai Negeri Sipil atau PNS adalah salah satu pekerjaan yang baanyak diidamkaan oleh masyarakat Indonesia. Untuk lebih jelasnya apa itu PNS, sobat dapat membacanya di artikel sebelumnya, disini saya akan menjelaskan tentang jenis pangkat, golongan dan gaji terbaru PNS 2020.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi pola pikir masyarakat untuk menjadi PNS, salah satunya yaitu gaji tetap dengan besaran yang tergolong cukup untuk menghidupi keluarga. Dengan satu orang anggota keluarga yang menjabat sebagai PNS, misalnya ayah atau ibu, maka kebutuhan hidup yang sederhana di rumah dapat terpenuhi.

Faktor lain yang mempengaruhi yaitu adanya jaminan uang pensiun. Hal ini sudah diatur dalam UU, karena pengabdiannya pada negara, setelah mengambil pensiun, PNS akan mendapatkan sejumlah uang sebagai penghargaan atau apresiasi atas apa yang sudah dilakukan selama menjabat. Kedua faktor ini yang memicu masyarakat indonesia berlomba lomba menjadikan anak mereka seorang PNS.

Namun, perlu diketahui bahwa menjadi PNS di jaman sekarang tidak semudah menjadi PNS jaman dulu. Sejak tes CPNS hingga kenaikan pangkat, ada prosedur prosedur tidak mudah yang harus dilalui. Jika ada kompetensi yang kurang maka bisa menjadi masalah untuk kedepannya. Hal  ini juga berpengaruh kepada jenis pangkat, golongan, ruang, dan kenaikan gaji atau tunjangan PNS

Jenis Pangkat, Golongan dan Gaji Terbaru PNS

Macam-macam jenis pangkat, golongan, dan ruang PNS

Jenis PangkatGolonganRuang
GOLONGAN IV (Pembina)
Pembina UtamaIVe
Pembina Utama MadyaIVd
Pembina Utama MudaIVc
Pembina Tingkat IIVb
PembinaIVa
GOLONGAN III (Penata)
Penata Tingkat IIIId
PenataIIIc
Penata Muda Tingkat IIIIb
Penata MudaIIIa
GOLONGAN II (Pengatur)
Pengatur Tingkat IIId
PengaturIIc
Pengatur Muda Tingkat IIIb
Pengatur MudaIIa
GOLONGAN I (Juru)
Juru Tingkat IId
JuruIc
Juru Muda Tingkat IIb
Juru MudaIa
Macam-macam pangkat, golongan, dan ruang PNS

Lalu, sebelum jadi PNS bagaimana penjelasan tentang jenis pangkat, golongan dan ruang tersebut? Dimulai dari golongan pertama adalah Golongan I. Golongan I terdiri atas 4 pangkat yaitu Juru Muda (I/a), Juru Muda Tingkat I (I/b), Juru (I/c), dan Juru Tingkat I (I/d).

Golongan II juga terdiri atas 4 pangkat antara lain Pengatur Muda (II/a), Pengatur Muda Tingkat I (II/b), Pengatur (II/c), dan Pengatur Tingkat I (II/d). Sedangkan untuk Golongan III jabatannya antara lain Penata Muda (III/a), Penata Muda Tingkat I (III/b), Penata (III/c), dan Penata Tingkat I (III/d).

Golongan yang terakhir dan paling atas adalah Golongan IV dengan 5 jabatan antara lain Pembina (IV/a), Pembina Tingkat I (IV/b), Pembina Utama Muda (IV/c), Pembina Utama Madya (IV/d), dan Pembina Utama (IV/e).

Jenis Pangkat, Golongan dan Gaji Terbaru PNS
Contoh pangkat PNS KEMENHUB

Diatas adalah salah satu contoh pangkat PNS di lingkungan KEMENHUB (Kementerian Perhubungan). Tiap tiap kementerian memiliki bentuk, simbol dan warna pangkat yang berbeda-beda.

Mekanisme kenaikan pangkat dan golongan

Pangkat golongan PNS tersebut pertama kali dilihat dari ijazah terakhir yang dimasukkan ketika mengikuti seleksi CPNS. Setelah itu, sesuai dari mana startnya, seorang PNS yang mengabdi akan mendapat kenaikan gaji secara berkala. Setelah kenaikan gaji beberapa periode baru diberikan kenaikan pangkat jika memenuhi persyaratan. Untuk mengurus kenaikan pangkat harus ada beberapa dokumen yang dikumpulkan ke Badan Kepegawaian Daerah atau BKD setempat sesuai aturan aturan yang berlaku.

Dokumen apa saja yang perlu dikumpulkan sebagai syarat kenaikan pangkat golongan PNS? Beberapa data yang perlu diberikan antara lain portofolio, keaktifan, nilai individu, nilai dari pengawas atau pejabat yang ada di atasnya, dan beberapa data online sesuai dengan aplikasi yang berlaku pada saat itu.

Ijazah terakhir yang dimiliki oleh seorang CPNS sangat berpengaruh terhadap jabatan yang akan diterimanya. Seorang CPNS dengan ijazah terakhir SMA akan mendapatkan jabatan minimal sebagai Pengatur Muda (II/a) dan maksimal sebagai Penata Muda Tk. I (III/b). Sedangkan jika ijazahnya DIII maka jabatan terendah adalah Pengatur (II/c) dan jabatan terendah adalah Penata (III/c).

Sedangkan untuk pangkat golongan PNS yang input ijazah terakhirnya S1 maka paling rendah mendapat jabatan Penata Muda III/a dan paling tinggi adalah Penata Muda III/d. Terakhir, jika ijazah terakhir seseorang adalah S2 maka jabatan paling rendahnya adalah Penata Muda Tk. I III/b dan jabatan paling tinggi adalah Pembina IV/a. Jabatan tersebut merupakan input awal yang kemudian bisa dinaikkan melalui prosedur dan masa bakti.

Gaji PNS terendah sampai terbesar sesuai golongan

Makin lama masa baktinya, makin tinggi pula golongan atau jabatan dari seorang PNS. Gaji yang diterima seorang PNS juga semakin tinggi mengikuti pangkat yang diembannya. Berikut ini adalah gaji PNS sesuai dengan golongan yang dimilikinya dari yang terendah sampai terbesar.

Golongan I (lulusan SD dan SMP)

  • Golongan Ia: Rp 1.560.800 – Rp 2.335.800
  • Golongan Ib: Rp 1.704.500 – Rp 2.472.900
  • Golongan Ic: Rp 1.776.600 – Rp 2.577.500
  • Golongan Id: Rp 1.851.800 – Rp 2.686.500

Golongan II (lulusan SMA dan D-III)

  • Golongan IIa: Rp 2.022.200 – Rp 3.373.600
  • Golongan IIb: Rp 2.208.400 – Rp 3.516.300
  • Golongan IIc: Rp 2.301.800 – Rp 3.665.000
  • Golongan IId: Rp 2.399.200 – Rp 3.820.000

Golongan III (lulusan S1 hingga S3)

  • Golongan IIIa: Rp 2.579.400 – Rp 4.236.400
  • Golongan IIIb: Rp 2.688.500 – Rp 4.415.600
  • Golongan IIIc: Rp 2.802.300 – Rp 4.602.400
  • Golongan IIId: Rp 2.920.800 – Rp 4.797.000

Golongan IV

  • Golongan IVa: Rp 3.044.300 – Rp 5.000.000
  • Golongan IVb: Rp 3.173.100 – Rp 5.211.500
  • Golongan IVc: Rp 3.307.300 – Rp 5.431.900
  • Golongan IVd: Rp 3.447.200 – Rp 5.661.700
  • Golongan IVe: Rp 3.593.100 – Rp 5.901.200

Rentang gaji diatas hanyalah gaji pokok, yang artinya diluar dari tunjangan tunjangan yang diterimanya. Jika dijumlah dengan tunjangan yang deterima, itu sudah sangat cukup untuk membiayai kehidupan keluarga sederhana.

Akhir Kata

Gaji yang cukup besar, dan tunjangan yang diberikan adalah hal yang membuat masyarakat Indonesia tergiur untuk berbondong bondong mengikuti seleksi CPNS yang hampir tiap tahun diadakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Itulah tadi penjelasan tentang jenis pangkat, golongan, dan gaji terbaru PNS 2020. Semoga bisa menambah wawasan sobat tentang jenjang karir dan penghasilan yang didapat oleh seorang Pegawai Negeri Sipil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tolong masukkan komentar sobat!
Masukkan nama sobat disini