Hemat baterai smartphone 2019

Hemat baterai smartphone bisa dilakukan dengan beberapa cara ketika kamu sedang berada di perjalanan dan lupa membawa charger atau power bank. Seperti yang kita ketahui baterai merupakan komponen penting yang wajib ada pada smartphone, agar bisa menyala dan dioperasikan. Tanpa baterai ini maka smartphone yang kamu miliki tidak bisa digunakan.

Agar kamu bisa terus menggunakan smartphone yang kamu miliki, maka kamu harus pandai-pandai menghemat daya baterainya. Sehingga smartphone kamu tidak akan mati dan kamu bisa terus menggunakannya. Terlebih jika kamu seorang bussinesman yang sering berurusan dengan kolega ataupun orang penting lainnya.

Maka kamu dituntut harus selalu stand by dengan smartphone kamu, jika sewaktu-waktu mereka menghubungi. Agar kamu bisa hemat baterai smartphone, maka kamu bisa menggunakan baterai dengan kapasitas daya yang besar. Sehingga baterai kamu tidak cepat habis.

Baca juga: 5 Cara Mempercepat koneksi Internet Android!

Trik Mudah Hemat Baterai Smartphone

Smartphone mati karena baterainnya habis tentu bukan hal yang menyenangkan. Terlebih jika kamu dalam kondisi darurat dan ingin melakukan panggilan. Untuk bisa menghemat baterai pada smartphone, maka bliAri.net merekomendasikan beberapa cara berikut ini:

1. Hentikan Aplikasi yang Menyedot Baterai

Biasanya di smartphone terdapat berbagai macam aplikasi yang telah di instal dari bawaan hp ataupun aplikasi yang kamu download sendiri. Aplikasi tersebut membutuhkan daya untuk tetap aktif dan pastinya menyedot daya baterai yang cukup besar. Oleh sebab itu, untuk hemat baterai pada smartphonemaka kamu mematikannya.

Kamu bisa membuka menu “setting” atau “pengaturan” kemudian pilih “baterry & performance” lalu pilih “power usage”. Dengan cara ini maka kamu bisa memperhatikan aplikasi mana yang menggunakan daya paling tinggi. Kemudian kamu bisa menonaktifkannya.

2. Aturlah Tingkat Kecerahan Smartphone

Selanjutnya untuk hemat baterai smartphone maka kamu bisa meredupkan pencahayaan samartphone kamu. Langkah ini bisa menghemat daya baterai yang digunakan, meskipun hal ini menentukan kenyamanan kamu ketika melihat layar. Hal yang perlu kamu ketahui bahwa semakin terang pencahaan layar, maka akan semakin besar pula daya yang digunakan.

Kamu juga perlu menghindari pengaturan pencahayaan secara otomatis. Pengaturan seperti ini akan menyedot daya baterai cukup besar, karena smartphone akan secara otomatis mengaturnya dengan sensor cahaya. Jadi akan lebih baik kamu menggunakan pengaturan manual.

3. Matikan GPS atau Piranti Pencarian Sinyal Lain

Jika tidak terlalu memerlukan bantuan GPS, maka sebaiknya kamu mematikannya. GPS akan terus menerus menyala dan mengupdate lokasi kamu ketika kamu menyalakannya. Hal ini akan membutuhkan daya yang cukup besar. Selain itu, kamu juga perlu mengecek apakah WiFi kamu dalam keadaan hidup atau mati.

Jika piranti tersebut hidup maka segera nonaktifkan. Perhatikan pula bluetooth, pencarian frekuensi radio dan NFC. Jika seluruh piranti pencarian sinyal tersebut tetap dibiarkan menyala, maka akan menyerap daya baterai.

4. Aktifkan Mode Pesawat

Untuk hemat baterai smartphone maka kamu bisa menerapkan mode pesawat. Mode ini biasanya digunakan ketika akan menaiki pesawat, sehingga penumpang dilarang untuk menggunakan hp untuk kepentingan komunikasi. Mengaktifkan mode pesawat ini berarti kamu tidak akan bisa dihubungi oleh orang lain.

Begitupun kamu juga tidak bisa melakukan panggilan atau mengirim pesan, namun kamu masih bisa memainkan hp untuk berfoto dan lainnya. Untuk mengaktifkan mode ini kamu bisa mengklik gambar pesawat pada pintasan smartphone kamu, maka secara otomatis mode tersebut telah diaktifkan.

Aplikasi Pendukung Baterai Smartphone Agar Lebih Hemat

Untuk Hemat Baterai Smartphone kamu bisa mendownlad beberapa aplikasi tambahan. Aplikasi tersebut bisa membantu smartphone kamu menjadi lebih hemat. Berikut ini aplikasinya:

Greenify

Hemat Baterai Semartphone dengan greenify

Aplikasi ini bisa mengatur seluruh program yang sedang berjalan di smartphone android untuk memasuki mode hibernasi. Kamu bisa mengontrol aplikasi mana saja yang ingin dihibernasikan.

GO Battery Saver & Power Widget

Hemat Baterai Semartphone dengan GO Power Master

Aplikasi ini memiliki cara kerja untuk menghemat daya dengn cara mengaktifkan sejumlah preset hingga tingkatan terendah. Kamu juga bisa membuat mode tersendiri guna menghemat aplikasi yang kamu mau.

Avast Battery Server

Hemat Baterai Semartphone dengan Avast Battery Saver

Aplikasi ini bisa mempresiksi kapan baterai akan habis dan memiliki fitur yang bisa dipakai untuk kecerahan layar, wi-fi, getaran dan juga sinkroni data.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghemat baterai. Cara tersebut menjadi solusi ketika kamu sedang berada diperjalanan atau untuk menjaga smartphone kamu agar tetap aktif. Jadi, terapkan saja cara praktis hemat baterai smartphone di atas agar baterai smartphone kamu bisa bertahan lebih lama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tolong masukkan komentar sobat!
Masukkan nama sobat disini